PERBEDAAN ZAKAT FITRAH DAN ZAKAT MAL

PERBEDAAN ZAKAT FITRAH DAN ZAKAT MAL

Beda zakat fitrah dan zakat mal dapat dibagi berdasarkan hukum, waktu pemberian, serta rukun dan syarat zakatnya.Zakat fitrah lebih terkenal dengan zakat badan yang pelaksanaan ditunaikan pada bulan Ramadhan berakhir sebelum Shalat Idul fitri. Sedangkan Zakat Mal merupakan Zakat Harta yang wajib dikeluarkan seorang muslim yang telah nishob (baik itu dari hasil pekerjaan/zakat profesi, perdagangan, perusahaan, peternakan, pertanian).

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan seorang muslim pada akhir bulan Ramadan hingga sebelum salat idul fitri. Zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu laki-laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan sesuai syarat-syarat yang ditetapkan.

Zakat mal adalah zakat yang wajib ditunaikan oleh seorang umat muslim dari harta yang diperolehnya dari usaha atau kerja dengan besaran dan waktu yang telah ditentukan. Harta menurut istilah adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki atau dikuasai dan dapat digunakan atau dimanfaatkan.

يَـااَ يـُّـهَـاالـَذِيـْنَ اَمـَنُـوْ ا اَنْـفِـقُـوْا مِـنْ طَـيِّـبَـا تِ مَـاكـَسَـبْتُـمْ وَمـِمَّا اَخْـرَجْـنَـا لـَكُـمْ مِـنَ الـَرْضِ.

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik, dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu (QS. Al-Baqarah: 267)

Setiap harta yang dimiliki bukan semata-mata milikmu pribadi seutuhnya, sebab terdapat hak orang lain di dalamnya yang harus dikeluarkan. Maka, mulailah berzakat baik zakat fitrah maupun mal (jika sudah memenuhi syarat) agar hidupmu penuh dengan keberkahan.

Kami UPZ YAMU’TI menerima titipan zakat, infak dan sedekah anda.dan menyalurkannya dengan distribusi yang tepat guna dan tepat sasaran sesuai dengan asnaf nya.

Indahnya berbagi
Nikmatnya memberi
Kebahagian mereka surga bagi kita

#Pesantrenyatimyamuti
#Pesantrenyatimyamuti
#Pesantrenyatimyamuti

web: www.yamuti.org
fb:Yatim dhuafa yamuti
ig:Yatim_yamuti_pusat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.