Rasulullah Penyayang Binatang 

Rasulullah Penyayang Binatang 

Rasulullah Muhammad SAW merupakan sosok yang lembut dan penuh kasih sayang. Tidak hanya pada umatnya, Rasulullah juga sayang kepada hewan.

Binatang atau hewan merupakan salah satu makhluk hidup ciptaan Allah SWT. Tak heran, bila Rasulullah sangat menyayangi binatang. Kasih sayang Rasulullah terlihat dari sikap beliau yang suka memelihara beberapa binatang. Lalu, memberikan nama pada binatang-binatang peliharaannya.

Nabi Muhammad Saw merupakan Rasulullah yang diutus untuk menyebarkan ajaran yang penuh kasih sayang. Tak hanya kepada sesama manusia, beliau bahkan mengajarkan kepada para sahabatnya agar menyayangi binatang dan melindungi hak asasinya sebagai sesama makhluk yang diciptakan Allah. Sebagaimana diceritakan dalam riwayat berikut ini

عن إبن مسعود قال: كنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في سفر، فانطلق لحاجة، فرأينا حمرة معها فرخان، فأخذنا فرخيها فجاءت الحمرة فجعلت تفرش، فجاء النبي صلى الله عليه وسلم فقال: من فجع هذه بولديها؟ ردوا ولديها إليها

Dari Sahabat Ibnu Mas’ud Ra berkata, kami bersama Rasulullah Saw dalam perjalanan, namun Nabi pergi sebentar karena keperluan beliau. Kemudian kami menemukan burung kecil dengan dua anaknya. Lalu kami ambil keduanya. Ternyata induk burung mengepak-epakkan kedua sayapnya. Kemudian Nabi Saw datang seraya berkata, “Siapa yang memisahkan induk burung ini dengan anaknya? Kembalikan anaknya kepada induknya. (HR. Abu Dawud)

Indahnya berbagi
Nikmatnya berbagi
Kebahagian mereka surga bagi kita

#Pesantrenyatimyamuti
#Pesantrenyatimyamuti
#Pesantrenyatimyamuti

web: www.yamuti.org
fb:Yatim dhuafa yamuti
ig:Yatim_yamuti_pusat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.