Akhlak dapat dimaknai secara terminologinya terlebih dahulu. Al-Jahizh mengatakan, akhlak adalah jiwa seseorang yang selalu mewarnai setiap tindakan dan perbuatannya, tanpa pertimbangan lama ataupun keinginan. Dalam beberapa kasus, akhlak ini sangat meresap hingga menjadi bagian dari watak dan karakter seseorang.

Abu Hurairah ra. mengabarkan bahwa suatu saat Rasulullah SAW pernah ditanya tentang kriteria orang yang akan masuk syurga. Beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

Oleh sebab itu tidak ada pemberian yang paling berharga orang tua kepada anaknya selain pendidikan akhlak mulia

Pendidikan akhlak harus ditekankan kepada anak sedini mungkin untuk direalisasikan dalam kehidupan. Tidak hanya secara teori, tetapi juga praktek. Bahkan, berhasil atau tidaknya pendidikan akhlak di Iihat dari perbuatan yang dilakukan seseorang atau anak dalam kehidupannya.

Dengan demikian, pembentukan akhlak masing-masing anak merupakan kebutuhan yang sangat mendesak yang harus diberikan sedini mungkin sehingga dengan demikian akan terus terbawa dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial

Indah nya berbagi
Nikmat nya berbagi
Kebahagiaan mereka surga bagi kita

web: www.yamuti.org
fb:Yatim dhuafa yamuti
ig:Yatim_yamuti_pusat

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.