1. Ikhtiar Sebagai Langkah Pertama

    Jika seseorang ingin mengubah nasibnya, maka yang harus dilakukan adalah ikhtiar atau usaha.

    Kunci sukses bagi seorang muslim ini didasarkan pada firman Allah dalam Surah ar-Rad:11,

    اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ

    “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

  2. Do’a Sebagai Langkah Kedua

    Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa yang dipanjatkan umat manusia. Sebagaimana disebutkan dalam Al Quran, surat Al Mukmin ayat 60, Allah SWT berfirman:

    وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

    Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Mukmin: 60).

  3. Tawakal Sebagai Tahap Akhir

    Menyandarkan hati kepada Allah untuk meraih berbagai manfaat kebaikan dan menghindarkan berbagai bahaya, baik dalam urusan dunia maupun akhirat. Dalam hal ini, setiap umat manusia harus menyakini bahwa tidak ada yang memberi, menghalangi, mendatangkan bahaya maupun manfaat kecuali Allah SWT.

    Islam menganjurkan setiap manusia untuk selalu berikhtiar dan ikhtiar harus diiringi dengan doa, untuk hasilnya serahkan pada yang Maha Kuasa. Karena hasil dari setiap usaha manusia adalah hak prerogatif Allah. Kita hanya wajib berusaha, jika gagal teruslah berusaha dan untuk hasilnya pasrahkan kepada Allah.

    Indahnya berbagi
    Nikmatnya memberi
    Kebahagian mereka surga bagi kita

    web: www.yamuti.org
    fb:Yatim dhuafa yamuti
    ig:Yatim_yamuti_pusat

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.